“Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Usia Dini dengan Media Puppets”


Pembelajaran bahasa inggris untuk anak usia dini disebut English for Young Learners (EYL). EYL dimulai pada jenjang sekolah dasar dan termasuk hal yang baru dalam sistem pendidikan di Indonesia, walaupun kenyataannya sudah ada sekolah dasar yang melaksanakan pelajaran bahasa inggris sejak beberapa tahun yang lalu. Program bahasa inggris sebagai matapelajaran muatan lokal secara resmi baru dinyatakan pada tahun 1994 (Kasihani K.E Suyanto, 2007). Sebagai salah satu matapelajaran muatan lokal, bahasa inggris diprogramkan mulai dari kelas empat SD. Namun, kenyataan di lapangan, banyak sekolah yang mengajarkan bahasa inggris di kelas rendah, bahkan ada yang mulai di kelas satu SD.

Sebagai bahasa asing yang tidak dipakai dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat, bahasa inggris dianggap sulit untuk dipelajari oleh anak usia dini. Untuk mengurangi kesulitan tersebut maka perlu dipertimbangkan pendekatan dan strategi apa yang dapat digunakan agar pelajaran EYL menjadi mudah dan menarik. Untuk dapat menarik perhatian siswa dan meningkatkan kemampuan berbahasa mereka, perlu diciptakan situasi kelas yang membuat siswa termotivasi untuk belajar. Salah satu cara untuk membuat kelas EYL lebih menarik adalah dengan penggunaan alat bantu mengajar atau media ketika guru mengajar. Dan salah satu media yang sangat populer dari dulu hingga sekarang adalah puppets, karena pertunjukan puppets dapat membuat yang menyaksikan (siswa) merasa senang, sehingga siswa lebih tertarik untuk belajar bahasa inggris sebagai sebuah kebutuhan dan tuntutan era globalisasi.

.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s