Sejarah Racana Pramuka UNISMA


Sejarah Racana Pandega Universitas Islam Malang tidak terlepas dari berdirinya Universitas Islam Malang sebagai almamater dan sebagai Pangkalan Gerakan Pramuka. Diawali bertemunya Rektor Unisma waktu itu Prof. Tholchah Hasan, dengan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang waktu itu dijabat Mayjen TNI Purn. Mashudi, pada suatu acara kenegaraan di Jakarta. Dimana KaKwarnas melontarkan gagasan pada Rektor Unisma untuk menjadikan Unisma sebagai pilot project atau percontohan Pramuka Islam di Indonesia.

Selanjutnya Rektor Unisma melontarkan gagasan tersebut pada segenap civitas akademika Unisma, gayung bersambut gagasan tersebut langsung ditindak lanjuti oleh para aktifis Kepramukaan di Unisma, dari kalangan mahasiswa dimotori oleh Ir. Ahcmad Anas, mahasiswa fak.Teknik, Syamsul Hadi, Ssi, mahasiswa Fak.Mipa, M. Cholili, SPd, mahasiswa FKIP, dan dari kalangan dosen dimotori oleh Bapak Drs. Moch Ichsan Hafi, SPd, yang kebetulan sudah menjadi Korp Pembina Pelatih di Kwartir Cabang Kota Malang. Para jajaran perintis inilah yang selanjutnya secara inten membentuk gugus depan Pramuka Unisma dan secara berkala melakukan pembinaan Pramuka di Unisma.

Diawali pada tahun 1988 Gerakan Pramuka Unisma menjadi gugus depan Persiapan Kwarcab Kota Malang, dan pada tahun 1991 Gerakan Pramuka yang berpangkalan di Universitas Islam Malang menjadi Gugus Depan Pramuka resmi Kwarcab Kota Malang dengan Nomor Gudep 04361 untuk putra dan 04362 untuk putri. Upacara pelantikan Kamabigus dan peresmian nomor gugus depan langsung dilaksanakan oleh Ketua Kwartir Cabang Kota Malang kepada Prof. M Tholchah Hasan yang saat itu menjadi Rektor Unisma. Karena menjadi political will maka susunan majelis pembimbing pada saat itu termasuk didalamnya semua Pembantu Rektor, Dekan dan Pembantu Dekan. Dan Pembina Pramuka Unisma yang pertama adalah Drs. M Ichsan Hafi, SPd, untuk Pembina Putra dan Dra. Windi E sebagai Pembina Putri. Ketua Dewan Racana pertama adalah Kakak M Cholili untuk Putra dan Kakak Lilik N untuk Putri.

3 thoughts on “Sejarah Racana Pramuka UNISMA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s