MERANCANG RANGKAIAN PERMAINAN


Menciptakan permainan

Disatu sisi, hampir tidak mungkin bagi kita untuk menciptakan permainan yang benar-benar baru. Ketika saya menemukan permainan baru dan dan embaginya kepada rekan-rekan, kebanakan mereka akan mengatakan, “itu bukan permainan baru, saya memainkan permainan seperti itu di masa kecil.

Saat saya mempelajari dasar-dasar permainan baru di San Fransisco, staf disana menemukan bahwa hanya ada sepeluh permainan dasar di dunia serta berbagai variasi dan kombinasi dari ke sepuluh permainan tersebut. Dalam hal ini, kai tidak pernah mengklaim bahwa permainan baru tersebut benar-benar baru, tapi sikap saat kita memainkannya, dibandingkan dengan sikap terdahulu yang fokusuntu memenangkan permainan kopetitif, sikap yang diperlihatkan sekarang terlihat baru. Kami mampu menciptakan permainan yang baru menurut pengalamn kami. Sebagai pemain, kita terbiasa melaksanakan permainan seperti basket dan bola voli. Tidak seorang pun yang pernah memainkan permainan seperti Pruie atau Quack sebelumnya. Halaman 9  buku best new games.

 

Menggunakan penemu permainan

Hampir semua permainan dapat dilakukan oleh berbagai usia, mulai dari usia 3 hingga 90 tahun. Alaminya dibutuhkan penyesuaian untuk permaina tersebut, dan penyesuaian ini begitu beragam dan tergantung masing-masing individu, oleh karena itu mereka tidak diuraikan disini. Namun, instruksi khusus diberikan dalam deskripsi permainan individu.

Judul-judul untuk temuan permaian adalah

  • level aktivitas, memberi tahu anda berapa banyak aktivitas fisik yang dilakukan untuk memainkan suatu permainan. Ada beberapa level aktivitas, yaitu
    • rendah
    • rendah hingga menengah
    • menengah
    • tinggi
    • waktu untuk memainkan permainan, memberi informasi apakah permainan cocok diberikan pada sesi awal, pertengahan atau akhir permainan. Jika waktu teridentifikasi (C), berarti permainan tersebut cocok untuk anak-anak. Jika teridentifikasi (A), berari cocok untuk orang dewasa. Setiap waktu ( anytime) berarti permainan tersebut bisa digunakan setiap saat dalam sesi permainan.

Saat menyusun sesi permainan, ingatlah bahwa setiap permainan setidaknya berlangsung sekitar 5 menit.

  • Jumlah pemain mencerminkan rentang jumlah pemain yang optimal untuk sebuah permainan agar berjalan dengan baik dan pastikan agar setiap orang memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dan menikmati permainan.
  • Ruangan khusus serta peralatan yang dibutuhkan. Setiap perrmainan setidakna membuthkan ruang untuk bergerak bagi pemain tanpa adanya rintangan. Beberapa persyaratan lain untuk bermain akan diurakan dalam kolom ini.
  • Tujuan sosial memberikan anda ide permainan apa yang bermanfaat untuk tujuan sosial tertentu. Apa yang cocok untuk kelompok orang dewassa belum tentu cock untuk anak-anak, atau sebaliknya. Jadi semuanya tergantung kebutuhan masing-masing.
    • Pembuka

Permainan ini tidak menantang dan disarankan sebagai permaian pertama saat menampilkan permaian baru.

  • Pemecah es

Merupakan permainan yang bagus untuk dilakukan di awal sesi permainan termasuk yang tumpang tindih dengan pembuka. Permainan ini juga sedikit berisiko dari pada permainan pembuka dan menciptakan perasaan yang baik antar sesama pemain.

  • Saling mengenal

Beberapa permainan ini melibatkan lebih banyak resiko psikologi daripada permainan sebelumnya dan harus diperkenalkan setelah mood untuk bermain telah terbangun dengan pemain sehingga mereka siap dan mau menerima tantangan yang lebih berat.

  • Membangun kepercayaan awal

Ini merupakan permainan yang bagus untuk membuat kelompok melangkah satu tahap ke depan dalam hal ikatan dan kepercayaan, permainan ini juga bisa digunakan sebelum trust aktivity pada bab 7.

  • Membangun tim

Permainan membangun tim adalah aktivitas yang membantu menciptakan perasaan positif dalam kebersamaan kelompok.

  • mendekatkan

Permainan ini membuat kelompok semakin dekat. Ada sedikit kesamaan antara permainan penutup untuk orang dewasa dan anak-anak tapi untu kejelasan , hal ini akan diuraikan terpisah.

  • Skill yang dibutuhkan / dikembangkan

Ini merupakan hal yang harus diketahui oleh guru. Meskipun tujuan utama dari permainan baru tidak sekedar untuk; berlatih atau mengajarkan ketrampilan sosial, ( pada dasarnya permainan diciptakan untuk bersenang-senang dan melibatkan orang-orang yang ingin terlibat di dalamnya), tetapi juga mengembangkan bberapa skill. Gerhard Hecker dalam bukunya Kompendium Didaktik Sport, menguraikan beberapa keterampilan serta defenisinya:

ü  Kerjasama : bekerja bersama untuk tujuan umum

ü  Penyelesaian masalah: menemukan satu solusi dari berbagai solusi yang mungkin.

ü  Kontak verbal: interaksi dengan ucapan termasuk skill mendengar

ü  Kontak tactile: sentuhan fisik

ü  Kemampuan beradaptasi: reaksi atau tanggapan untk menyesuaikan tindakan dan gerak

ü  Kontrol diri: kemampuan untuk mengatur tubuh, ucapan dan pikiran.

ü  Kreatifitas:  menggunakan ide seseorag dengan inventively.

ü  Spontanitas: tindakan impromptu tanpa pemberian instruksi khusus.

ü  Pantomim: ekspresi melalui gerakan

ü  Kemampuan visual: observasi dan persepsi peripheral

ü  Keahlian dan koordinasi: gerak tubuh yang kompleks

ü  Reaksi: respon fisik yang cepat

ü  Kekuatan

ü  Ketahanan

ü  Berlari

ü  Melempar atau menangkap

ü  Melompat

ü  Keseimbangan

ü  Memanjat

ü  Leaning on

ü  Merangkak

Sebelum anda menggunakan temuan permainan saya ingin menawarkan 2 daftar permainan yang tidak ada diatas.

  • Permainan yang mendukung kurikulum.

Semua permainan membutuhkan kemampuan menyimak serta kemampuan mengikuti instruksi berikut adalah beberapa contoh ketrampilan yang mendukung kurikulum:
– matematika sederhana

– perbedaan kiri dan kanan:

– bahasa

– memori

– kemampuan menyimak: 4 sudut

– perhatian terhadap detail : detail terakhir

– anatomi sederhana: ini hidung saya

– keterampilan sosial: ucapkan sesuatu yang baik, saya punya teman

– subjek lain:

  • Permainan yang menggunakan lagu

Lagu sangat bagus untuk memusatkan perhatian kelompok. Lagu-lagu yang digunakan disini adalah lagu yang lucu. Dalam beberapa situasi, lagu bisa mengurangi tekanan dan menciptakan perasaan yang baik diantara pemain.

Buku Best New Games halaman  16 sampai 19.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s